Berita unik | inspiratif | menarik | sejuk dihati :)

Tips Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Tips Menghindari Penyakit Diabetes
Tips Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes - Blitari sengaja membahas tips agar terhindar dari penyakit diabetes atau kencing manis karena memang di Indonesia saat ini tingkat kematian karena penyakit ini terus semakin meningkat. Sebelumnya perlu sobat blitari tahu, kalu penyakit diabetes ini diakibatkan dari pola makan kita, selain itu juga dari obesitas dan jarang bergerak. Mungkin sobat blitari masih ada yang belum tahu kalau nasi putih itu mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi? 

Maka dari itu terkadang ada juga orang yang sebelumnya jarang mengkonsumsi gula putih tapi tiba-tiba mempunyai gula darah yang tinggi, kemungkinan penyebabnya adalah karena pola makan mereka yang mengakibatkan kadar gula darah mereka menjadi tinggi.
Sedikit itu tadi penjelasan dari saya, sekarang langsung simak berikut ini tips agar terhindar dari penyakit diabetes :


1. Menurunkan berat badan
Bahkan pada orang yang obesitas, 70 % lebih rendah untuk terserang diabetes jika menurunkan berat badannya sebanyak 5 %, meskipun tidak berolah raga.


2. Pilih makanan pembukaan yang tepat
Makan sayuran sebelum hidangan utama dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dalam penelitian dari Arizona State University, orang dengan diabetes tipe 2 atau kondisi prekusor yang disebut resistensi insulin memiliki kadar gula darah lebih rendah jika mengonsumsi sekitar 2 sendok makan cuka sebelum makan tinggi karbohidrat.mengapa demikian? Itu disebabkan karena cuka mengandung asam asetat, yang dapat menonaktifkan enzim pengolah pati tertentu, sehingga memperlambat pencernaan karbohidrat. Bahkan efek cuka mungkin mirip dengan obat penurun gula darah ‘acarbose’ ( prescose ). Itu bedasarkan dari kata ketua peneliti Carol Johnston PhD.


3. Perbanyak jalan kaki
Berjalanlah sebanyak mungkin setiap hari, maka tubuh akan lebih sehat bahkan jika tidak mengalami penurunan berat badan. Orang-orang dalam studi di Finlandia yang berolah raga hingga 4 jam seminggu, atau sekitar 35 menit sehari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 80%.


4. Mengonsumsi sereal yang tepat
Memilih sereal tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Asupan tinggi dari biji-bijian keseluruhan juga terkait dengan tingkat yang lebih rendah dari kanker payudara, diabetes type 2, tekanan darah tinggi, dan stroke. Sereal adalah salah satu sumber terbaik dari biji-bijian.


5. Mengonsumsi kopi
Jika sangat menyukai kopi, tidak masalah jika terus meminum kopi. Berdasarkan hasil penelitian dari ‘Harvard School of Public Health’ menemukan bahwa, peminum kopi lebih dari 6 cangkir sehari memiliki risiko 29-54 % lebih rendah terkena diabetes tipe 2 selama 18 tahun studi.


6. Menghindari makanan cepat saji
Menghindari makanan cepat saji selain dapat menghindarkan dari kondisi obesitas juga dapat menurunkan risiko diabetes.


7. Mengurangi konsumsi daging
Menurut hasil penelitian, wanita yang makan daging merah setidaknya 5 kali seminggu memiliki risiko 29% lebih tinggi untuk diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang makan kurang dari sekali seminggu.


8. Mengonsumsi kayu manis
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, kayu manis dapat mengurangi gula darah sekitar 10%. Senyawa dalam kayu manis dapat mengaktifkan enzim yang meransang reseptor insulin. Kayu manis juga telah terbukti membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida, yaitu lemak darah yang dapat menyebabkan resiko diabetes.


9. Menikah Juga Dapat Mengurangi Resiko Diabetes 
Berdasarkan hasil penelitian, wanita yang hidup sendiri adalah 2,5 kali lebih mungkin untuk terserang diabetes dibandingkan wanita yang hidup dengan pasangan. Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Diabetes Care. Wanita yang tinggal sendirian juga lebih mungkin untuk merokok dan kurang cenderung memiliki kebiasaan diet sehat dan mengonsumsi alcohol. Jadi, menikahlah, maka kemungkinan diabetes lebih kecil meski tidak 100% terbebas.

 Sebuah tes  darah sederhana dapat mengungkapkan apakah kadar gula darah menempatkan pada resiko untuk kondisi diabetes. Orang dengan pradiabetes, kadar gula darah sedikit tinggi, antara 100-125 mg/dl, sering mengembangkan kasus diabetes dalam 10 tahun. Memantau kadar gula darah secara rutin, dapat untuk mengetahui kapan kapan harus melakukan tindakan pencegahan diabetes.

 Selain itu, stress dapat menyebabkan jantung untuk berdetak lebih cepat, napas lebih cepat, dan memicu kadar gula darah meningkat. Stres kronis dapat meningkatkan kadar gula darah meningkat. Maka, jika sedang mengalami stress sebaiknya lebih bersantai dan rileks. Sebuah studi dari ‘Yale University ‘ yang melibatkan 1.709 pria menemukan bahwa, pria yang secara teratur mendapat kurang dari 6 jam tidur, dua kali lipat menaikkan resiko diabetes. Sehingga mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat menurunkan resiko diabetes.

Semoga bermanfaat..

Sumber 

Tips Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abang Blitari

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar Anda,
Berkomentarlah yang bijak sesuai artikel dan jangan menyertakan link dalam komentar, saya akan membalas komentar di blog kawan..
Terimakasih..