Berita unik | inspiratif | menarik | sejuk dihati :)

Pengertian Web Proxy dan Fungsinya

Pengertian Web Proxy dan Fungsinya - Web proxy adalah sebuah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk menerima / melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer klien. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dari komputer klien.

Fungsi Proxy

1. Menyembunyikan identitas asli/Anonymizer

Penggunaan proxy yang satu ini adalah hal yang paling populer yang sering dilakukan oleh para netter. Jika anda sering bermain atau menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain, anda bisa menggunakan proxy untuk tambahan keamanan. Seorang tidak akan bisa menemukan IP address asli anda, sehingga anda bisa sedikit terlindungi dari injeksi virus secara langsung atau tak langsung. Dengan menggunakan proxy, maka anda akan mendapatkan keamanan yang lebih tinggi karena IP anda tersamarkan oleh server proxy yang melayani anda. Selain itu, anda bisa tetap browsing jejaring sosial di kantor meskipun ada larangan dan pembatasan koneksi tersebut. Anda dapat secara aman browsing karena tidak akan ketahuan bos anda, kecuali bos anda mengintip di belakang anda. Hal ini dikarenakan alamat IP proxy anda akan membuat anda sulit ditemukan orang lain karena mereka akan kebingungan melacak lokasi anda browsing Internet.

2. Browsing secara rahasia/ Bypass Internet Filtering/ Unblock Site

Suatu hal yang wajar dan wajib dilakukan di internet adalah selalu menjaga kerahasiaan alamat IP, terutama bagi mereka yang memiliki IP Statis atau tidak berubah-ubah seperti pelanggan ADSL. Hal ini dapat menjaga komputer anda aman dari serangan yang berbahaya. Dengan menggunakan proxy, anda bisa browsing internet secara rahasia tanpa diketahui oleh admin website yang anda kunjungi. Admin website biasanya memasang suatu program penghitung pengunjung yang didalamnya ada perangkat untuk mencatat alamat IP pengunjung. Bila ada admin yang berniat jahat, maka ia dapat menggunakan daftar alamat IP tersebut untuk mencuri data penting, menyebarkan virus/trojan, spyware dan lain sebagainya. Jika anda menggunakan proxy, maka yang dicatat oleh penghitung pengunjung tersebut hanyalah IP proxy anda saja.

Anda akan aman dari kemungkinan serangan jahat semacam itu. Para ahli keamanan menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi ini ketika sedang mencari file-file pada website yang dianggap berbahaya. Banyak pengguna yang masih menggunakan alamat IP asli untuk browsing internet dalam waktu lama. Hal ini merupakan tindakan yang berbahaya karena website yang kita kunjungi belum tentu aman dan bisa saja itu adalah milik para cracker yang memiliki niat jahat. Penggunaan proxy akan memberikan anda alamat IP sekunder yang bisa berganti-ganti sesuai dengan server proxy mana yang anda gunakan. Dengan alamat IP yang berganti-ganti, maka ativitas anda di internet tidak akan bisa dideteksi orang lain. Anda pun dapat berinternet dengan aman dan nyaman.

3. Mengirim sesuatu secara rahasia

Banyak orang menginginkan kerahasiaan alamat IP asli dalam beraktivitas di dunia internet, salah satunya dengan penggunaan proxy untuk menjaga kerahasiaan identitas. Penggunaan ini biasanya dilakukan oleh pengelola website, pebisnis dan marketer oneline. Dalam usaha menaikkan jumlah pengunjung websitenya, tidak jarang para pengelola menggunakan cara yang tidak etis, salah satunya adalah menyebarkan email yang isinya menarik dan dianggap berguna dalam jumlah besar. pengelola website mengirimkan email melalui grup, mailing list dan lainnya supaya efektif. Pengelola juga menggunakan proxy untuk mengirimkan email yang masih supaya aman dan leluasa.

Pebisnis online pun serupa, mereka menggunakan proxy ini sebagai sarana dalam menyebarkan email promo produk mereka. Hal ini agar pengirim email atau hal lainnya tidak dikenal oleh penerima email. Penerima email pasti akan risih mendapatkan email promo yang terlalu banyak. Oleh karena itu mereka bisa melaporkan pengirim email promo kepada pengelola website supaya alamat IP address pengirimnya diblokir. Jika alamat IP diblokir oleh website email, maka aktivitas marketing online mereka bisa berhenti. Hal inilah yang dihindari oleh mereka sehingga mereka menggunakan proxy sebagai pelindungnya. Ditambah lagi jika mendapatkan pemblokiran dari website email, maka pendapatan bisa merosot jauh dan membuat rugi besar. Manfaat email bagi orang-orang seperti mereka adalah sepeti mesin sales otomatis yang mana mereka tidak menginginkan hal ini terganggu.

4. Memberikan kesan lokasi berbeda

Anda bisa bersenang-senang di internet dengan menggunakan proxy luar negeri. Umumnya dilakukan melalui jejaring sosial. Anda dapat menggunakan proxy lalu anda bisa login ke jejaring sosial favorit anda. Maka anda akan terlihat seperti di luar negeri. Jika anda update status, maka otomatis lokasi anda akan berpindah ke lokasi alamat server proxy yang anda gunakan. Hal ini menimbulkan kesan bahwa anda sedang berada di luar negeri atau berada di daerah yang tidak sama dengan kondisi fisik anda sebenarnya saat ini. Ini sama seperti menyembunyikan lokasi anda, namun kali ini tidak digunakan untuk hal yang serius.
Semoga bermanfaat..

Sumber 

Pengertian Web Proxy dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abang Blitari

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda,
Berkomentarlah yang bijak sesuai artikel dan jangan menyertakan link dalam komentar, saya akan membalas komentar di blog kawan..
Terimakasih..