Berita unik | inspiratif | menarik | sejuk dihati :)

Cara Mencegah Penuaan Dini


Cara Mencegah Penuaan Dini - Blitari kali ini ingin membahas tentang hal-hal yang menyebabkan penuaan dini dan bagaimana cara mencegah penuaan dini tersebut.
Sobat blitari tentunya sering menemui seseorang yang terlihat lebih tua jika dibandingkan dengan umur sesungguhnya. Contohnya beberapa teman saya yang berumur masih 19 tahun tetapi wajahnya sudah terlihat lebih kusam bahkan mulai muncul keriput. Penuaan dini ini lebih sering saya temui pada teman wanita di bandingkan pria. 
Sobat blitari mau tahu sebenarnya hal-hal apa saja yang mempercepat penuaan dini dan cara mencegahnya, silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini. 
  • Sinar matahari
    Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  • Radikal bebas
    Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.
  • Kelembaban udara
    Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.
Bagi Anda, terutama para wanita yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini, cobalah tips-tips di bawah ini.

1. Gunakan Tabir Surya
Di tengah maraknya informasi mengenai bahaya Sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari, Tabir Surya memang menjadi sebuah solusi tersendiri bagi kita semua. Selain dapat melindung kulit kita dari bahaya sinar UV, dengan rajin menggunakan tabir surya kulit kita juga lebih terasa aman dan terjaga. Sehingga kulit jadi lebih terlihat segar dan penuaan kulit pun bisa dihindari. Agar hasilnya lebih maksimal maka gunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 atau SPF 100.

2. Perbanyak Air Putih
Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih merupakan salah satu yang paling penting untuk kulit anda. Selain menyegarkan kulit. Air putih juga bisa mengembalikan kerusakan pada kulit dan mencegah penuaan dini. Kekurangan minum air putih juga akan membuat kulit kita cepat kering dan keriput. Oleh karena itu agar kulit kita segar dan tidak cepat tua. Maka minum banyak air putih merupakan salah satu solusi yang terbaik.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol memang terkenal sangat tidak baik untuk kulit. Kebiasaan kita merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit. Mencegahnya dengan berhenti merokok dan minum alkohol merupakan sebuah langkah yang paling tepat. Karena selain bisa mencegah penuaan dini. Tanpa rokok dan alkohol tubuh kita akan semakin sehat dan lebih awet muda.

4. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup sangat baik untuk kulit terutama untu kulit wajah anda. Karena saat kita tidur pastinya tubuh kita akan lebih rileks dan efek ketegangan kehidupan sehari-hari pun menghilang. Kekurangan tidur juga bisa membahayakan kesehatan anda, terutama apabila kita mengalami sebuah stress karena pekerjaan. Pastinya penuaan dini akan cepat kita alami jika kita tidak tidur yang cukup. Untuk hasil yang maksimal, tidurlah 8 jam setiap hari.

5. Selalu Berpikiran Positif
Berifikiran Positif bukan hanya bisa mengurangi ketegangan fikiran kita. Namun juga dapat membahagiakan kulit kita agar selalu lebih segar, kencang dan kuat. Ketika kita berfikiran negatif, segala organ dalam tubuh kita pun mendapatkan dampaknya, salah satunya adalah kulit yang bisa cepat kerut dan kusam. Oleh karena itu, biasakan berfikiran positif jik mau awet muda.

Dari beberapa tips dan informasi mengenai Cara Mencegah Penuaan Dini diatas, memang faktor makanan dan cuaca menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi adanya penuaan dini. Dengan mempertimbangkan beberapa aspek diatas kita juga bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan sebuah produk kecatikan tertentu yang justru akan membuat kita cepat mengalami penuaan dini. Dengan kondisi tubuh yang sehat serta awet muda pastinya kita akan lebih percaya diri dalam faktor penampilan. Apapun kegiatan yang anda lakukan, pastikan selalu memperhatikan pola hidup sehat anda. Dan semoga saja dengan adanya informasi dan tips mengenai cara pencegahan penuaan dini, kita jadi mendapat solusi untuk sedini mungkin melakukan pencegahannya.

Cara Mencegah Penuaan Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogku

6 komentar:

  1. Tips yang sangat bermanfaat sekali, saya akan mencobanya.

    ReplyDelete
  2. nice inpoh gan, memang cewe kudu pinter2 ngerawat tubuh, apalagi wajah. bisa puluhan , ratusan ribu tuh pada keluar buat perawatan. biar kelihatan cantik lah, pdhal yang gak kalah penting kecantikan dari dalam juga harus dibenahi.

    ReplyDelete
  3. benar sekali kawan,, iner beautiih,, hehe

    ReplyDelete
  4. makasih infonya.. kebetulan nih wajah kaya udah keriput. hehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda,
Berkomentarlah yang bijak sesuai artikel dan jangan menyertakan link dalam komentar, saya akan membalas komentar di blog kawan..
Terimakasih..