Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki - Ternyata jalan kaki tanpa alas kaki banyak juga manfaatnya kawan. Kadang ada sebagian orang yang menganggap jalan kaki tanpa alas kaki itu kotor padahal berani kotor itukan baik. Berjalan kaki tanpa alas kaki sangat baik untuk kesehatan kawan, seperti yang kita tahu kaki itu sangat penting, selain itu ada banyak syaraf yang menjalur ke telapak kai kita. Banyak pengobatan-pengobatan yang tekniknya dengan menggunakan syaraf-syaraf pada kaki.
Blitari tidak akan berpanjang lebar lagi berikut ini adalah manfaat-manfaat dari berjalan kaki tanpa alas kaki.
 
Mencerahkan pikiran
Saat kaki melangkah tanpa alas kaki, tingkat kesadaran kita akan meningkat secara spontan. Setidaknya pada benda di sekitar yang akan kita pijak, seperti duri, kerikil tajam atau benda lain yang bisa melukai telapak kaki. Tanpa disadari, kondisi ini akan membuat pikiran jadi lebih cerah dan merangsang fokus pikiran lebih baik.

Yoga kaki gratis
Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki, seperti sepatu atau sendal, juga akan membantu meregangkan sekaligus memperkuat otot tendon, ligamen dalam, pergelangan kaki dan betis, ketegangan lutut dan masalah punggung, sehingga akan membantu mencegah cidera. Jalan nyeker juga mengaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan badan. Otot ini tak aktif ketika mengenakan alas kaki.

Refleksi gratis
Kaki memiliki beberapa titik refleksi yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Benjolan kecil, batu atau permukaan kasar akan menstimulasi titik refleks di kaki. Meski terasa sakit, namun memiliki efek positif untuk meredakan gejala penyakit di tubuh.

Redakan stres
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Selain itu, jalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin sehingga memicu timbulnya rasa senang.

Tidur malam lebih berkualitas
Ada beberapa orang yang percaya bahwa berjalan kaki tanpa alas merupakan obat terbaik untuk mengatasi insomnia.

Detoksifikasi
Bumi memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, sinkronisasi siklus ritme hormonal dan fisiologis, serta memberikan efek yang menenangkan. Jadi, saat Anda sedang bermain di pantai, cobalah untuk melepaskan alas kaki.

Menyehatkan jiwa
Berjalan tanpa alas kaki membuat Anda terhubung dengan alam sekitar. Lebih mudah untuk merasakan hangatnya sinar matahari atau desiran angin di pepohonan. Sehingga, berjalan kaki tanpa alas sangat baik untuk kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa.

Nabishallallahu 'alaihi wasallam telah mewasiatkan kepada para Shahabat beliauradhiyallahu 'anhum agar mempraktekkan jalan kaki seperti ini (tanpa alas kaki). Dan telah diriwayatkan dari Fadhalah bin 'Ubaid bahwasanya dia berkata:

(كان النبي صلى الله عليه وسلم يأمرنا أن نحتفي أحياناً) (رواه أحمد)
"Dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami agar berjalan tanpa alas kaki kadang-kadang." (Musnad Imam Ahmad dengan sanad yang shahih menurut Syaikh al-Albani dan Syau'aib al-Arna'uth rahimahumallah)

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi masyarakat sebaiknya melakukan kegiatan ini dengan cermat dan hati-hati agar tetap aman dan tidak menimbulkan masalah atau cedera.

Ada beberapa tips agar bisa dilakukan jika ingin berjalan kaki tanpa menggunakan alas dengan aman yaitu:
  • Selalu waspada mengenai jalan yang akan dilewati
  • Hindari jalan-jalan yang berpotensi bahaya seperti banyak percabangan pohon, ada pecahan kaca, paku atau berisiko terdapat limbah industri
  • -Saat pulang, maka segera cuci kaki dengan menggunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan kaki dari kotoran yang menempel serta memastikan bahwa tidak ada serangga yang masih menempel di kulit. 
Semoga bermanfaat..