Berita unik | inspiratif | menarik | sejuk dihati :)

Meningkatkan Daya Ingat Otak Saat Ujian Akhir Nasional

Tips cara meningkatkan daya ingat otak saat mendekati ujian akhir nasional (UAN) - Setiap orang pasti ingin mempunyai daya ingat yang tajam, dan pasti kesal rasanya jika sering lupa. Daya ingat Anda bisa sangat berpengaruh terhadap perasaan Anda. Misalnya saja saat Anda lupa menaruh kunci, kadang hal sepele ini bisa sangat membuat suasana hati Anda kesal. Apalagi jika karena lupa kunci tersebut mengakibatkan Anda terlambat ke sekolah dan akhirnya terkena sanksi.

Daya ingat menurun Saat Ujian Akhir Nasional, hal ini biasanya terjadi karena cara belajar kita yang salah, kebanyakan kasus yaitu terlalu memaksakan kerja otak kita atau menggunakan sistem kebut semalam. *cara seperti ini tidak efektif
Daya ingat kita dapat di ibaratkan seperti otot, akan besar dan kuat jika mendapatkan nutrisi yang cukup serta latihan yang tepat dan intensif. Otak juga demikian apabila nutrisi terpenuhi ditambah teknik-teknik khusus untuk meningkatkan daya ingat maka kemampuan mengingat pun akan meningkat.

Berikut ini ada Tips Cara Untuk meningkatkan daya ingat otak saat UAN :

1. Hindari sistem kebut semalam
Kebanyakan siswa melakukan hal ini, biasanya mereka belajar semalaman sebelum ujian. Lebih baik belajarlah dalam beberapa sesi dan teratur. Belajar dengan cara mencicil materi yang akan dipelajari membuat otak bisa memproses informasi dengan baik dan membuatnya bisa beristirahat.
Kalau otak kita belum terlatih sebelumnya jika menggunakan sistem kebut semalam dapat di pastikan keesokan harinya otak kita pasti sudah payah, dan akibatnya daya ingat malah menurun.

2. Meningkatkan daya ingat dengan mengajarkan kepada orang lain
Penelitian menunjukkan bahwa membaca dengan suara keras secara signifikan meningkatkan memori material. Anda dapat menggunakan pendekatan ini dengan cara mengajarkan konsep-konsep dan informasi baru pada teman atau partner belajar. Jelaskan pada teman anda mengenai konsep tersebut, saat terjadi tanya jawab maka secara otomatis anda melibatkan logika yang juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.

3. Visualisasi
Gunakan gambar untuk meningkatkan daya ingat jika gambar tidak ada misalnya saat membaca textbook tebal maka bayangkan apa yang sedang anda pelajari dalam pikiran. Tambahkan suara, warna dan gerakan yang jelas saat membayangkan apa yang sedang anda pelajari. Semakin jelas bayangan maka akan semakin mudah untuk diingat.

4. Menghubungkan informasi baru dengan hal-hal yang sudah kamu ketahui
Ketika Kamu sedang mempelajari materi yang baru, luangkan waktu untuk menghubungkan informasi tersebut dengan hal-hal yang sudah Kamu ketahui. Dengan menghubungkan informasi yang baru dengan ingatan sebelumnya, Kamu bisa secara tak diduga mengembangkan kemungkinan mengingat informasi yang baru dipelajari.

5. Fokus pada materi belajar
Perhatian adalah salah satu komponen utama dari memori. Agar sebuah informasi pada ingatan Kamu berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, ada cara yang bisa dilakukan. Cobalah untuk belajar di tempat yang bebas dari gangguan, seperti televisi, musik, atau hiburan lainnya. Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang agar lebih fokus pada materi yang dipelajari.

6. Memberi nutrisi tambahan pada Otak
Saat ini cukup banyak produk yang dapat menambah nutrisi untuk otak agar daya ingatnya menjadi lebih kuat. Alternatif lain yaitu memakan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan otak. Seperti pengalaman saya dulu saat mendekati ujian ibu saya sering membuatkan masakan dari ikan teri yang banyak mengandung protein. 

Demikian tadi 5 Tips cara meningkatkan daya ingat otak saat Ujian akhir nasional (UAS), semoga dapat bermanfaat dan selamat menempuh ujian akhir nasional.

Meningkatkan Daya Ingat Otak Saat Ujian Akhir Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abang Blitari