Kisah Usaha Kecil Bisnis Kulit Pisang

Kisah Usaha Kecil Bisnis Kulit Pisang
Kisah Usaha Kecil Bisnis Kulit Pisang - Contoh Usaha Kecil Sukses yang menarik dari seorang wanita bernama Wati. Kemunduran ekonomi yang sedang ia alami sejak suaminya di PHK di sebuah perusahaan swasta. Saat itu ia berniat membuka warung di depan rumahnya. Tapi pada kenyataannya untuk membuka warung saja butuh modal yang tak sedikit. Berkali-kali mengajuan pingjaman ke bank tidak diterima, tak ada barang yang bisa dijadikan agunan. Hendak pinjam ke rentenir, bunganya sangat tinggi. Untuk membayar bunganya saja ia belum tentu mampu.
Dalam keadaan seperti ini, Wati sering merenung di depan rumahnya. Suasana di pagi itu nampak sepi, suaminya sedang keluar untuk mencari kerja serabutan di pasar. Suatu ketika ia sedang melihat anaknya yang sedang asik memakan buah pisang. Ketika selesai makan pisang, kulit pisang dilempar ke teras halaman rumahnya.

Ketika Wati melihat tingkah sang anak, ia memarahi anaknya, “Nak, buanglah kulit pisang itu pada di tempat sampah!” Dari kejadian tersebut nampaknya ia terinpirasi dan lalu timbul pertanyaan pada diri sendiri. Ia lalu memungut kulit pisang tadi, tak dibuang ke tempat sampah tapi malahan ia bawa ke dalam rumah.
Pada hari itu pula ia langsung beranjak untuk mencari referensi mengenai pisang dan kulitnya. Keesokan harinya ia mulai persiapkan segala sesuatunya untuk mengolah kulit pisang untuk dijadikan peluang untuk bisnis. Dengan modal pinjaman tak lebih dari Rp.100 ribu, ia belikan bahan-bahan yang dibutuhkan. Misalnya bahan-bahan seperti: kulit pisang, alat kapur, garam, gula dan tepung.
Wati pun mulai mengolah bahan-bahan dari kulit pisang tersebut.
• Langkah awal, kulit pisang dicuci hingga bersih.
• Lalu, membuat larutan kapur dengan mencampur setengah sendok teh kapur dalam 1 liter air. Kulit pisang itu lalu direndam dalam air kapur, lamanya kurang lebih 20 menit.
• Larutkan garam ke dalam air, sebanyak satu sendok teh. Terus, rendam kulit pisang ke dalam larutan garam, lamanya kurang lebih 20 menit.
• Selanjutnya larutkan gula ke dalam air, sebanyak tiga sendok teh. Rendam kulit pisang ke dalam larutan gula, lamanya kurang lebih 20 menit
• Setelah selesai, jemur kulit pisang selama 8 jam,
• Sesudah kering, goreng kulit pisang hingga kuning kecokelatan.

Keripik kulit pisang pun siap dikemas dan kemudian dijual.

Manfaat Kulit Pisang, Seperti yang kita tahu pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, A, mineral, serat juga terdapat kandungan gizi lain yang banyak manfaatnya untuk tubuh. Namun belum banyak yang tahu bahwa kulit pisang juga bisa menjadi masakan yang lezat.
Melihat kisah tersebut, dapatlah kita ambil pelajaran, bahwa dalam berwirausaha diperlukan kreativitas dan juga kemauan untuk mencoba. Inspirasi bisa datang dari mana saja, tak terkeculai dari hal sepele seperti kisah di atas. Semoga bermanfaat dan sukses.

Sumber