Berita unik | inspiratif | menarik | sejuk dihati :)

Jawaban Kenapa Orang Tionghoa Bisa Kaya

Jawaban Kenapa Orang Tionghoa Bisa Kaya - blitari.blog Bagi Etnis apapun itu yang dirinya dalam kategori ga akan pernah sukses/belum sukses/susah sukses  dilansir zvelite. sekian banyak resep sukses orang TiongHoa di Indonesia serta menuliskan cara berpikir orang-orang yang tidak bisa sukses di Indonesia berdasarkan cara kalian merespon thread-thread tetangga yang berujung SARA,Diskriminasi Agama,Diskriminasi Ras,Diskriminasi Ekonomi/Jenjang Hidup.

1. KERJA KERAS ibarat kata keramat yang mendorong pedagang Cina berhasil dalam bisnisnya…
Orang ga bisa sukses:Yang penting dapat gaji dan bisa sering bolos/sembunyi di waktu kerja
*Note:Tahukah kamu,kerja keras seiring waktu dan usaha akan membuat hidup anda terus membaik dan menarik di mata orang-orang?

2. Jika dahulu bapaknya berjualan air di pinggir jalan, anaknya akan membuka restoran dan barangkali cucunya akan mendirikan pabrik yang memproduksi air dalam kemasan.
Orang ga bisa sukses: Hanya tahu menyalahkan orang tuanya dan membuat hidup orang tuanya lebih susah,membantah nasihat orang tua dan berbuat hal-hal yang bodoh serta malas membantu orang tua

3. “Jika kita sama rajinnya dengan orang-orang di Barat, kita tidak akan dapat menyaingi mereka,” kata Kim Woo Choong. Harus lebih rajin lagi agar bisa menyaingi mereka.
Orang ga bisa sukses:Jika kita sama rajinnya,jatuh kan orang itu,dan orang itu dendam,dan dia akan jatuhkan kami,dan terus saling mengjatuhkan hingga sama-sama hancur bahkan mungkin terjadi saling bunuh,teror-meneror dan culik-menculik.Akibat dari persaingan tidak sehat.

4. Jika ingin lebih berhasil dari orang lain, kita tidak punya pilihan, kecuali bekerja dengan lebih keras dan rajin.
Orang ga bisa sukses:Sukses itu artinya punya uang miliyaran dan usaha besar

*Note:Tahukah kamu Sukses itu bukan berarti mempunyai usaha dan uang banyak,bisa juga sukses dalam berkarir seperti Dokter,Arsitek,Teknik Mesin,Teknik tambang dan etc.

5. Persepsi orang Cina pada perdagangan adalah positif. Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan, kemewahan, dan kebahagiaan. Baca juga artikel inspiratif.
Orang ga bisa sukses:Perdagangan adalah negatif atau budak dari uang.Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kerja tidak keras = hasil kecil dan kerja keras = hasil makin besar.

*Note:Be Smart + Work Hard + Be Good with Peoples + Think Positive + Throw away negative to peoples = Ujung hidup anda akan memiliki sebuah usaha kecil yang berpenghasilan besar

6. Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali.
Orang ga bisa sukses:Pedagang yang jatuh akan merasa sakit akan tetapi rasa sakit nya terus dijadikan pikiran utama sehingga hanya sebagian atau bahkan tidak ada waktu untuk berpikir positif untuk ke depan yang lebih baik.

7. Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi, tetapi bukan untuk mengisi waktu luang.
Orang ga bisa sukses:Malas-malasan adalah HOBy,Nganggur adalah waktu luang,Lengkap Kebahagiaanmu?

Baca juga Tokoh inspiratif pengusaha sukses dalam negri.

8. Keuntungan yang diperoleh tidak dibelanjakan. Keuntungan tersebut digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.
Orang ga bisa sukses:Aku ga akan sesukses orang kaya lain,ahhh,masa bodoh harapin jadi orang kaya dengan keuntungan ku.keuntungan ku dipake aja buat main cewek,clubbing,minum bir,balap liar,bayar uang menjadi anggota geng.

*Note:Tahukah kamu betapa banyak orang-orang sukses yang dulunya sangat miskin,bahkan penjual roti keliling,cleaning service,buruh kerja yang berakhir menjadi sangat sukses…Bukti?Search aja sendiri,banyak banget tuh.

9. Uang digunakan untuk menghasilkan uang.
Orang ga bisa sukses:Uang digunakan untuk berfoya-foya

10. Pedagang Cina membolehkan terjadinya tawar-menawar. Meskipun proses ini memakan waktu dan mengurangi keuntungan, hal ini dapat menggembirakan hati pelanggan.

Orang ga bisa sukses:Ok aja kali ini tawar menawar,besoknya loe nelepon gua ga akan angkat atau suruh pembantu rumah mengatakan saya sedang keluar Kota.

11. Pantang mengeluh di hadapan pelanggan, apalagi menunjukkan emosi negatif.
Orang ga bisa kaya:
Penjual:Untung ku yang sekarang sudah kecil mbak.Mbak mau ga?
Pembeli:Emmm,tar liat-liat dulu deh.
Penjual:APAAN SIH UDA KASIH MURAH MALAH GA MAU BELI,LOE PIKIR LOE DOANK PEMBELI DI DUNIA INI?
Pembeli:Wtf?!

12. Bersikap terbuka dan berlapang dada apabila menghadapi situasi sulit, dan tetap fokus mencari jalan keluar.
Orang ga bisa sukses:”JANGAN BANYAK CERITA,GUA BILANG A ya A”

13. Orang Cina rela bangun dini hari dan terus bekerja sampai malam hari.
Orang ga bisa sukses:Bangun telat,bekerja sampe sore,yang penting kan ada kerja…

14. Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya. Sebaliknya akan membuatnya semakin gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya.
Orang ga bisa sukses:
Kegagalan pertama = Pelajaran
Kegagalan kedua = Keluhan
Kegagalan ketiga =
Orang Tionghoa:Bilang “Stressssss”
Kenyataan,ane da temuin ratusan posting bahkan kaskuser postingan 2000++ yang mendukung/memposting thread SARA,sindiran di atas untuk orang-orang yang sebelumnya suka posting dukung thread SARA…

15. Budaya dagang orang Cina mengutamakan kecepatan dalam bertindak, hal ini penting seperti “siapa cepat dia dapat” dalam segala kondisi.
Orang ga bisa sukses:Kalo lambat juga bisa dapat,gitu aja koq repot

16. Dunia perdagangan penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni ‘bela diri’ perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.

Orang ga bisa kaya:
enak aje lu cibai ngemeng yg pribuminaja yg gak rasis kaum elu yg rasis gak loe saranin juga liciiik lu emang ama kayak liem sie biong Ane disamakan dengan Om Lim Pemilik Grup Salim, PT Bogasari Flour Mill, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, PT Indocement,PT Waringin,Kencana,Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, dan lain-lain

17. Pedagang harus memiliki daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat.
Ketika jatuh:
Orang Kaya:Pergi berdoa dan mempelajari kesalahan.
Orang ga akan kaya:Pergi clubbing,bergaul dengan orang-orang enggak atau mabuk-mabukkan

18. Tanpa mengalami kerugian, keuntungan tidak mungkin datang.


Sumber 

Hal-hal Unik Dari Google

Siapa yang tidak tahu google?  Mesin pencari google ini adalah mesin pencari yang paling banyak digemari, hampir semua orang didunia pasti tahu google.
Kehidupan internet Anda pasti tidak pernah terlepas dari Google kan setelah itu pasti facebook. hehe Namun, sadarkah selama ini Google yang sobat gunakan sehari-hari ternyata menyimpan banyak kejutan unik untuk sobat. Dari banyak kejutan tersebut, berikut beberapa kejutan hasil pencarian di Google untuk Anda.


Keajaiban Grafik Google
Jika Anda seorang matematis, pasti anda tidak asing lagi dengan skema yang lebih kurang seperti ini :
sqrt(cos(x))*cos(300x)+sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01, sqrt(6-x^2), -sqrt(6-x^2) from -4.5 to 4.5
Dari struktur tersebut, cobalah ketikkan di kotak pencarian Google, kemudian telusurilah. Lihat apa yang akan terjadi! Anda dapat menggunakan kejutan Google ini untuk menyatakan cinta kepada seseorang

Kalkulator di Google
Siapa sangka mesin penelusuran bisa untuk berhitung. Jika Anda tidak percaya, silahkan buktikan dengan mengetik kueri the answer to life, the universe and everything terlebih dahulu di kotak pencarian Google.
Namun, sebelum muncul kalkulator itu, terdapat angka 42. Angka tersebut merupakan jawaban dari Google atas pertanyaan (kueri di atas) dari sebuah seri buku yang ditulis oleh penulis ternama, Adam Douglas.

Peramal Cuaca
Google ternyata juga dapat untuk memprakirakan cuaca di tempat tinggal Anda. Tak perlu jauh-jauh lagi ke situs apa untuk sekedar mencari prediksi cuaca hari lusa, sekarang, dan esok. Cukup ketikkan Weather maka muncullah hasil prakiraan cuaca versi Google. (Anda harus mengatur tempat tinggal terlebih dahulu di panel Google)

Permainan Google
Sebenarnya tidak ada yang khusus untuk hal permainan ini, namun Anda dapat mencoba beberapa permainan Google di sini : http://www.google.com/doodles/

Google Zerg Rush
Singkat, coba Anda ketikkan zerg rush pada pencarian Google, lihat apa yang terjadi! Efek ini diberikan oleh Google sejak Juni 2012 lalu.

Pusing
Lihat efek yang diberi Google ini. Coba ketikkan do a barrel roll dan lihat apa yang akan terjadi. Wow!


Sumber

Aghnia Nabila, Wanita Muda Mandiri yang Inspiratif

Wirausaha muda yang sukses
Usia muda bukan halangan untuk mewujudkan cita-cita seseorang untuk menjadi wirausaha muda mandiri yang sukses. Meski statusnya adalah mahasiswa semester enam fakultas hukum di Universitas Padjajaran, Bandung, Aghnia Nabila sudah punya tekad yang kuat untuk menjalankan bisnis. “Saya sangat suka makan, jadi saya memutuskan untuk bisnis di bidang makanan,” tuturnya. Bermodal kecintaan pada makanan, ia pun memutuskan untuk mulai berjualan risoles keju atas pesanan teman-teman kampusnya. Seiring berjalannya waktu, ia pun berani untuk membuka sebuah outlet dengan nama L’Risoles di Bandung. Usaha inipun berkembang menjadi lima reseller di kota Bandung, dalam satu bulan omsetnya hingga Rp30 juta. Ia pun sudah mempunyai 4 pegawai yang ia rekrut dari para tuna karya di sekitar rumahnya.

Selain berbisnis dan kuliah, perempuan kelahiran Bandung, 5 Desember 1991 ini juga aktif mengikuti beragam aktivitas keorganisasian di kampus. Ia juga tercatat sebagai anggota BEM FH Unpad sebagai kader Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan merupakan salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi Unpad, sebagai ketua divisi kewirausahaan. “Ini sebagai salah satu wujud kepedulian saya untuk membangkitkan semangat wirausaha para generasi muda,” tuturnya.
Meskipun sibuk, tidak mengganggu prestasinya. Buktinya, baru-baru ini Ia terpilih menjadi finalis mahasiswa berprestasi di Unpad tahun 2011. Saat disinggung mengenai kepiawaiannya dalam mengatur waktu, ia hanya menjawab bahwa ia tak punya metode khusus. “Yang saya lakukan hanya fokus pada berbagai hal yang sedang saya lakukan. Waktu kuliah saya benar-benar konsentrasi di pelajaran, karena saya sadar saya tak punya banyak waktu senggang,” ujarnya. Prestasi, usia muda, dan semangat wirausaha inilah yang menjadikannya terpilih sebagai salah satu perempuan inspiratif dan kreatif YCPA.

Muda dan menginpirasi. Terpilihnya Aghnia menjadi salah satu pemenang termuda YCPA diungkapkan Fira Basuki (seorang juri) merupakan keputusan yang tepat. “Salah satu kriteria penentuan pemenang bukanlah dari penampilan fisik. Namun kemampuan mereka untuk dapat berpikir kreatif dan menginspirasi orang lain,” tutur Fira.
Fira Basuki dan desainer Era Soekamto berpendapat bahwa salah satu nilai lebih Aghnia terletak pada kemampuannya dalam menorehkan prestasi di kampus, dan juga sukses dalam bisnis dalam waktu yang bersamaan.
“Selain itu, ia juga mampu menginspirasi generasi muda untuk bisa menjadi pengusaha sukses selagi kuliah. Ini dibuktikan dari kemampuannya untuk memberdayakan mahasiswa yang lain untuk menjadi reseller usahanya,” tutur Era.


Tak hanya itu saja, para juri juga menilai Aghnia mampu jadi contoh teladan karena mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat di sekitarnya, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Tentunya kita juga mampu menjadi wirausaha muda mandiri seperti yang dilakukan Aghnia Nabila. Tinggal kita siap atau tidak untuk menjadi wirausahawan muda yang sukses. Salam.. sukses …

Cara-cara Mengobati Jerawat

cara wanita cantik menghilangkan jerawat
Cara-cara mengobati Jerawat - Artikel kali ini blitari akan membahas tentang makanan yang dapat menyembuhkan jerawat. Jerawat memang sangat menjengkelkan dan terkadang orang susah untuk mengatasi jerawat-jerawat tersebut. Seperti yang kita tahu jerawat itu bisa disebabkan daari berbagai faktor, umumnya disebabkan karena bakteri Propionibacterium Acnes, jerawat itu muncul umumnya saat seseorang menginjak usia puber.
Berikut ini blitari ada tips-tips dan cara menghilangkan jerawat.


Menghilangkan jerawat dari dalam
Secara alami, tubuh kita menghasilkan minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun jika tubuh menghasilkan minyak berlebih, maka yang terjadi adalah jerawat mudah tumbuh pada kulit berminyak. Lakukan langkah berikut:

1. Hindari makanan berlemak

Hindari makanan kaya lemak seperti, kacang-kacangan, yoghurt, coklat, dan makanan berlemak lainya. Makanan yang mengandung banyak lemak jika dikonsumsi berlebihan akan menjadikanntubuh memproduksi minyak berlebih. Hal tersebut juga berdampak pada kulit, minyak berlebih pada kulit akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya membentuk gumpalan dan mengundang bakteri Propionibacterium Acnes, bakteri penyebab jerawat.

2. Konsumsi makanan berserat

Makanan yang mengandung banyak serat baik itu buah-buahan maupun sayuran akan membantu tubuh melarutkan lemak jahat pada tubuh. Sehingga kadar minyak berlebih yang dihasilkan tubuh pun berkurang, tentu saja minyak pada kulit pun berkurang.

3. Minum lebih banyak air putih

Air putih sangat baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Air putih membantu menjaga metabolisme tubuh dan yang terpenting membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan meminum lebih banyak air putih, akan membersihkan kotoran dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat.

 
Menghilangkan jerawat dari luar
1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum cairan dengan begitu banyak manfaat ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Berbagai penelitian membuktikan bahwa madu terbukti berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit dan juga mampu membasmi berjerawat. Cara menggunakanyan sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air putih hingga bersih.

2. Kulit Jeruk dan Lemon

Kulit jeruk dan lemon memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Bahkan obat jerawat yang tersedia dipasaran pun banyak yang menggunakan jeruk dan lemon sebagai bahan. menggunakanya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk kulit jeruk sampai halus kemudian campur sedikit air. Hasil campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya di biarkan hingga 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Mentimun

Meski jenis buah ini mudah ditemukan dan harganya sangat murah ternyata mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk untuk mengatasi jerawat. Anda bisa melakukan dengan cara mengiris lalu menempelkan pada bagian yang terkena dan fungsinya untuk untuk memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang meradang, setelah 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.


4. Pepaya

Kandungan vitamin pada buah pepaya sangat baik untuk kulit. Namun masih jarang yang memanfaatkan untuk mengobati jerawat dikarenakan aromanya.  Caranya cukup mudah, blender pepaya sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pepaya hasil blender tadi pada wajah selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air.

5. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat yang ini cukup mudah dan murah, yaitu memanfaatkan telur. Putih telur sangat baik untuk pengobatan jerawat jika digunakan sebagai masker. Caranya cukup mudah, siapkan sebutir telur, ambil putihnya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

Selamat mencoba tips menghilangkan jerawat..

Sumber

Cara Mencegah Penuaan Dini


Cara Mencegah Penuaan Dini - Blitari kali ini ingin membahas tentang hal-hal yang menyebabkan penuaan dini dan bagaimana cara mencegah penuaan dini tersebut.
Sobat blitari tentunya sering menemui seseorang yang terlihat lebih tua jika dibandingkan dengan umur sesungguhnya. Contohnya beberapa teman saya yang berumur masih 19 tahun tetapi wajahnya sudah terlihat lebih kusam bahkan mulai muncul keriput. Penuaan dini ini lebih sering saya temui pada teman wanita di bandingkan pria. 
Sobat blitari mau tahu sebenarnya hal-hal apa saja yang mempercepat penuaan dini dan cara mencegahnya, silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini. 
  • Sinar matahari
    Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  • Radikal bebas
    Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.
  • Kelembaban udara
    Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.
Bagi Anda, terutama para wanita yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini, cobalah tips-tips di bawah ini.

1. Gunakan Tabir Surya
Di tengah maraknya informasi mengenai bahaya Sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari, Tabir Surya memang menjadi sebuah solusi tersendiri bagi kita semua. Selain dapat melindung kulit kita dari bahaya sinar UV, dengan rajin menggunakan tabir surya kulit kita juga lebih terasa aman dan terjaga. Sehingga kulit jadi lebih terlihat segar dan penuaan kulit pun bisa dihindari. Agar hasilnya lebih maksimal maka gunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 atau SPF 100.

2. Perbanyak Air Putih
Sudah bukan rahasia lagi kalau air putih merupakan salah satu yang paling penting untuk kulit anda. Selain menyegarkan kulit. Air putih juga bisa mengembalikan kerusakan pada kulit dan mencegah penuaan dini. Kekurangan minum air putih juga akan membuat kulit kita cepat kering dan keriput. Oleh karena itu agar kulit kita segar dan tidak cepat tua. Maka minum banyak air putih merupakan salah satu solusi yang terbaik.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol memang terkenal sangat tidak baik untuk kulit. Kebiasaan kita merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit. Mencegahnya dengan berhenti merokok dan minum alkohol merupakan sebuah langkah yang paling tepat. Karena selain bisa mencegah penuaan dini. Tanpa rokok dan alkohol tubuh kita akan semakin sehat dan lebih awet muda.

4. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup sangat baik untuk kulit terutama untu kulit wajah anda. Karena saat kita tidur pastinya tubuh kita akan lebih rileks dan efek ketegangan kehidupan sehari-hari pun menghilang. Kekurangan tidur juga bisa membahayakan kesehatan anda, terutama apabila kita mengalami sebuah stress karena pekerjaan. Pastinya penuaan dini akan cepat kita alami jika kita tidak tidur yang cukup. Untuk hasil yang maksimal, tidurlah 8 jam setiap hari.

5. Selalu Berpikiran Positif
Berifikiran Positif bukan hanya bisa mengurangi ketegangan fikiran kita. Namun juga dapat membahagiakan kulit kita agar selalu lebih segar, kencang dan kuat. Ketika kita berfikiran negatif, segala organ dalam tubuh kita pun mendapatkan dampaknya, salah satunya adalah kulit yang bisa cepat kerut dan kusam. Oleh karena itu, biasakan berfikiran positif jik mau awet muda.

Dari beberapa tips dan informasi mengenai Cara Mencegah Penuaan Dini diatas, memang faktor makanan dan cuaca menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi adanya penuaan dini. Dengan mempertimbangkan beberapa aspek diatas kita juga bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan sebuah produk kecatikan tertentu yang justru akan membuat kita cepat mengalami penuaan dini. Dengan kondisi tubuh yang sehat serta awet muda pastinya kita akan lebih percaya diri dalam faktor penampilan. Apapun kegiatan yang anda lakukan, pastikan selalu memperhatikan pola hidup sehat anda. Dan semoga saja dengan adanya informasi dan tips mengenai cara pencegahan penuaan dini, kita jadi mendapat solusi untuk sedini mungkin melakukan pencegahannya.

Jaringan Fiber Optik

Sebenarnya Apa Fiber Optik Itu?
Fiber optik secara harafiah memiliki arti serat optik atau bisa juga disebut serat kaca. Fiber optik memang berupa sebuah serat yang terbuat dari kaca, namun jangan Anda samakan dengan kaca yang biasa Anda lihat. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus dengan proses yang cukup rumit yang kemudian dapat digunakan untuk melewati data yang ingin Anda kirim atau terima.

Jadi media fiber optik itu sendiri merupakan sebuah serat seukuran rambut manusia yang terbuat dari bahan kaca murni, yang kemudian dibuat bergulung-gulung panjangnya sehingga menjadi sebentuk gulungan kabel. Setelah terjadi bentuk seperti ini, maka jadilah media fiber optik yang biasa Anda gunakan sehari-hari.


Pada 1983Corning memperkenalkan Optical Fiber atau serat optik yaitu helai kaca yang dapat mengirimkan sinyal telekomunikasi dengan sempurna pada kecepatan cahaya. Saat ini, Corning merupakan satu-satunya produsen serat optik di Amerika Serikat.


Bagaimana Fiber Optik Ini Dapat Melewati Data Anda?

Mungkin Anda sudah menangkap maksud dari fiber optik secara garis besar, yaitu media komunikasi data yang terbuat dari kaca. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sepotong kaca dapat memiliki kemampuan melewatkan data Anda? Apakah sepotong kaca dapat melewati pulsa-pulsa listrik? Atau dalam bentuk apa data Anda dibawa melalui sepotong kaca ini?

Jika berhubungan dengan alat-alat optik, maka alat-alat tersebut akan erat sekali hubungannya dengan cahaya dan sistem pencahayaan. Jika serat optik yang digunakan sebagai media, maka yang akan lalu-lalang di dalamnya tidak lain dan tidak bukan adalah cahaya.


Seberkas cahaya akan digunakan sebagai pembawa informasi yang ingin Anda kirimkan. Cahaya informasi tersebut kemudian ditembakkan ke dalam media fiber optik dari tempat asalnya. Kemudian cahaya akan merambat sepanjang media kaca tersebut hingga akhirnya cahaya tadi tiba di lokasi tujuannya. Ketika cahaya tiba di lokasi tujuan, maka pengiriman informasi dan data secara teori telah berhasil dikirimkan dengan baik. Dengan demikian, maka terjadilah proses komunikasi di mana kedua ujung media dapat mengirim dan menerima informasi yang ingin disampaikan.


Apa Saja Komponen Sistem Komunikasi Fiber Optik?

Sebuah sistem komunikasi tentu tidak hanya didukung oleh satu dua komponen atau perangkat saja. Di dalamnya pasti terdapat banyak sekali paduan komponen yang saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Perpaduan dan kerja sama tersebut akan menghasilkan banyak sekali manfaat bagi berlangsungnya transfer informasi. Dengan demikian, jadilah sebuah sistem komunikasi.

Sistem komunikasi biasanya terdiri dari lima komponen utama, transmitter, receiver, medianya itu sendiri, bentuk informasi yang dibawa melalui media, dan penguat sinyal. Baik di media kabel, media wireless, media optik semuanya menerapkan sistem yang sama. Misalnya di media wireless, yang menangani pekerjaan transmitter dan receiver adalah perangkat Access Point atau perangkat wireless client biasa. Yang menjadi medianya adalah udara bebas yang dapat membawa informasi sinyal-sinyal frekuensi radio.


Di dalamnya terdapat proses modulasi agar sinyal-sinyal informasi yang sebenarnya dapat dimungkinkan dibawa melalui udara. Dan setibanya di lokasi tujuan, proses demodulasi akan terjadi untuk membuka informasi aslinya kembali. Jika berjalan dalam jarak yang jauh maka penguat sinyal pasti dibutuhkan.


C
ahaya pembawa informasi
Inilah sumber asal-muasal terjadinya sistem komunikasi fiber optik. Cahaya, komponen alam yang memiliki banyak kelebihan ini dimanfaatkan dengan begitu pintarnya untuk membawa data dengan kecepatan dan bandwidth yang sangat tinggi. Semua kelebihan dari cahaya seakanakan dimanfaatkan di sini. Cahaya yang berkecepatan tinggi, cahaya yang kebal terhadap gangguan-angguan, cahaya yang mampu berjalan jauh, semuanya akan Anda rasakan dengan menggunakan media fiber optik ini.

-Optical Transmitter

Optical transmitter merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mengirimkan sinyal-sinyal cahaya ke dalam media pembawanya. Di dalam komponen ini terjadi proses mengubah sinyal-sinyal elektronik analog maupun digital menjadi sebuah bentuk sinyal-sinyal cahaya. Sinyal inilah yang kemudian bertugas sebagai sinyal korespondensi untuk data Anda. Optical transmitter secara fisik sangat dekat dengan media fiber optic pada penggunaannya. Dan bahkan optical transmitter dilengkapi dengan sebuah lensa yang akan memfokuskan cahaya ke dalam media fiber optik tersebut. Sumber cahaya dari komponen ini bisa bermacam-macam.

Sumber cahaya yang biasanya digunakan adalah Light Emitting Dioda (LED) atau solid state laser dioda. Sumber cahaya yang menggunakan LED lebih sedikit mengonsumsi daya daripada laser. Namun sebagai konsekuensinya, sinar yang dipancarkan oleh LED tidak dapat menempuh jarak sejauh laser.


- Fiber optic cable

Komponen inilah yang merupakan pemeran utama dalam sistem ini. Kabel fiber optik biasanya terdiri dari satu atau lebih serat fiber yang akan bertugas untuk memandu cahaya-cahaya tadi dari lokasi asalnya hingga sampai ke tujuan. Kabel fiber optic secara konstruksi hampir menyerupai kabel listrik, hanya saja ada sedikit tambahan proteksi untuk melindungi transmisi cahaya. Biasanya kabel fiber optic juga bisa disambung, namun dengan proses yang sangat rumit. Proses penyambungan kabel ini sering disebut
dengan istilah splicing.

- Optical receiver

Optical receiver memiliki tugas untuk menangkap semua cahaya yang dikirimkan oleh optical transmitter. Setelah cahaya ditangkap dari media fiber optic, maka sinyal ini akan didecode menjadi sinyal-sinyal digital yang tidak lain adalah informasi yang dikirimkan. Setelah di-decode, sinyal listrik digital tadi dikirimkan ke sistem pemrosesnya seperti misalnya ke televisi, ke perangkat komputer, ke telepon, dan banyak lagi perangkat digital lainnya. Biasanya optical receiver ini adalah berupa sensor cahaya seperti photocell atau photodiode yang sangat peka dan sensitif terhadap perubahan cahaya.

- Optical regenerator

Optical regenerator atau dalam bahasa Indonesianya penguat sinyal cahaya, sebenarnya merupakan komponen yang tidak perlu ada ketika Anda menggunakan media fiber optik
dalam jarak dekat saja. Sinyal cahaya yang Anda kirimkan baru akan mengalami degradasi dalam jarak kurang lebih 1 km. Maka dari itu, jika Anda memang bermain dalam jarak jauh, komponen ini menjadi komponen utama juga. Biasanya optical generator disambungkan di tengah-tengah media fiber optik untuk le
Sebenarnya Apa Fiber Optik Itu?
Fiber optik secara harafiah memiliki arti serat optik atau bisa juga disebut serat kaca. Fiber optik memang berupa sebuah serat yang terbuat dari kaca, namun jangan Anda samakan dengan kaca yang biasa Anda lihat. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus dengan proses yang cukup rumit yang kemudian dapat digunakan untuk melewati data yang ingin Anda kirim atau terima.

Jadi media fiber optik itu sendiri merupakan sebuah serat seukuran rambut manusia yang terbuat dari bahan kaca murni, yang kemudian dibuat bergulung-gulung panjangnya sehingga menjadi sebentuk gulungan kabel. Setelah terjadi bentuk seperti ini, maka jadilah media fiber optik yang biasa Anda gunakan sehari-hari.


Pada 1983Corning memperkenalkan Optical Fiber atau serat optik yaitu helai kaca yang dapat mengirimkan sinyal telekomunikasi dengan sempurna pada kecepatan cahaya. Saat ini, Corning merupakan satu-satunya produsen serat optik di Amerika Serikat.


Bagaimana Fiber Optik Ini Dapat Melewati Data Anda?

Mungkin Anda sudah menangkap maksud dari fiber optik secara garis besar, yaitu media komunikasi data yang terbuat dari kaca. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sepotong kaca dapat memiliki kemampuan melewatkan data Anda? Apakah sepotong kaca dapat melewati pulsa-pulsa listrik? Atau dalam bentuk apa data Anda dibawa melalui sepotong kaca ini?

Jika berhubungan dengan alat-alat optik, maka alat-alat tersebut akan erat sekali hubungannya dengan cahaya dan sistem pencahayaan. Jika serat optik yang digunakan sebagai media, maka yang akan lalu-lalang di dalamnya tidak lain dan tidak bukan adalah cahaya.


Seberkas cahaya akan digunakan sebagai pembawa informasi yang ingin Anda kirimkan. Cahaya informasi tersebut kemudian ditembakkan ke dalam media fiber optik dari tempat asalnya. Kemudian cahaya akan merambat sepanjang media kaca tersebut hingga akhirnya cahaya tadi tiba di lokasi tujuannya. Ketika cahaya tiba di lokasi tujuan, maka pengiriman informasi dan data secara teori telah berhasil dikirimkan dengan baik. Dengan demikian, maka terjadilah proses komunikasi di mana kedua ujung media dapat mengirim dan menerima informasi yang ingin disampaikan.


Apa Saja Komponen Sistem Komunikasi Fiber Optik?

Sebuah sistem komunikasi tentu tidak hanya didukung oleh satu dua komponen atau perangkat saja. Di dalamnya pasti terdapat banyak sekali paduan komponen yang saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Perpaduan dan kerja sama tersebut akan menghasilkan banyak sekali manfaat bagi berlangsungnya transfer informasi. Dengan demikian, jadilah sebuah sistem komunikasi.

Sistem komunikasi biasanya terdiri dari lima komponen utama, transmitter, receiver, medianya itu sendiri, bentuk informasi yang dibawa melalui media, dan penguat sinyal. Baik di media kabel, media wireless, media optik semuanya menerapkan sistem yang sama. Misalnya di media wireless, yang menangani pekerjaan transmitter dan receiver adalah perangkat Access Point atau perangkat wireless client biasa. Yang menjadi medianya adalah udara bebas yang dapat membawa informasi sinyal-sinyal frekuensi radio.


Di dalamnya terdapat proses modulasi agar sinyal-sinyal informasi yang sebenarnya dapat dimungkinkan dibawa melalui udara. Dan setibanya di lokasi tujuan, proses demodulasi akan terjadi untuk membuka informasi aslinya kembali. Jika berjalan dalam jarak yang jauh maka penguat sinyal pasti dibutuhkan.


C
ahaya pembawa informasi
Inilah sumber asal-muasal terjadinya sistem komunikasi fiber optik. Cahaya, komponen alam yang memiliki banyak kelebihan ini dimanfaatkan dengan begitu pintarnya untuk membawa data dengan kecepatan dan bandwidth yang sangat tinggi. Semua kelebihan dari cahaya seakanakan dimanfaatkan di sini. Cahaya yang berkecepatan tinggi, cahaya yang kebal terhadap gangguan-angguan, cahaya yang mampu berjalan jauh, semuanya akan Anda rasakan dengan menggunakan media fiber optik ini.

-Optical Transmitter

Optical transmitter merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mengirimkan sinyal-sinyal cahaya ke dalam media pembawanya. Di dalam komponen ini terjadi proses mengubah sinyal-sinyal elektronik analog maupun digital menjadi sebuah bentuk sinyal-sinyal cahaya. Sinyal inilah yang kemudian bertugas sebagai sinyal korespondensi untuk data Anda. Optical transmitter secara fisik sangat dekat dengan media fiber optic pada penggunaannya. Dan bahkan optical transmitter dilengkapi dengan sebuah lensa yang akan memfokuskan cahaya ke dalam media fiber optik tersebut. Sumber cahaya dari komponen ini bisa bermacam-macam.

Sumber cahaya yang biasanya digunakan adalah Light Emitting Dioda (LED) atau solid state laser dioda. Sumber cahaya yang menggunakan LED lebih sedikit mengonsumsi daya daripada laser. Namun sebagai konsekuensinya, sinar yang dipancarkan oleh LED tidak dapat menempuh jarak sejauh laser.


- Fiber optic cable

Komponen inilah yang merupakan pemeran utama dalam sistem ini. Kabel fiber optik biasanya terdiri dari satu atau lebih serat fiber yang akan bertugas untuk memandu cahaya-cahaya tadi dari lokasi asalnya hingga sampai ke tujuan. Kabel fiber optic secara konstruksi hampir menyerupai kabel listrik, hanya saja ada sedikit tambahan proteksi untuk melindungi transmisi cahaya. Biasanya kabel fiber optic juga bisa disambung, namun dengan proses yang sangat rumit. Proses penyambungan kabel ini sering disebut
dengan istilah splicing.

- Optical receiver

Optical receiver memiliki tugas untuk menangkap semua cahaya yang dikirimkan oleh optical transmitter. Setelah cahaya ditangkap dari media fiber optic, maka sinyal ini akan didecode menjadi sinyal-sinyal digital yang tidak lain adalah informasi yang dikirimkan. Setelah di-decode, sinyal listrik digital tadi dikirimkan ke sistem pemrosesnya seperti misalnya ke televisi, ke perangkat komputer, ke telepon, dan banyak lagi perangkat digital lainnya. Biasanya optical receiver ini adalah berupa sensor cahaya seperti photocell atau photodiode yang sangat peka dan sensitif terhadap perubahan cahaya.

- Optical regenerator

Optical regenerator atau dalam bahasa Indonesianya penguat sinyal cahaya, sebenarnya merupakan komponen yang tidak perlu ada ketika Anda menggunakan media fiber optik
dalam jarak dekat saja. Sinyal cahaya yang Anda kirimkan baru akan mengalami degradasi dalam jarak kurang lebih 1 km. Maka dari itu, jika Anda memang bermain dalam jarak jauh, komponen ini menjadi komponen utama juga. Biasanya optical generator disambungkan di tengah-tengah media fiber optik untuk lebih menguatkan sinyal-sinyal yang lemah.

Optical generator terdiri dari serat optic yang dilapisi dengan bahan khusus yang dapat menguatkan cahaya laser. Ketika sinyal yang lemah datang menghampiri bagian yang dilapisi khusus tersebut, energi dari laser lemah tersebut akan membuat molekul dari bahan tadi berubah menjadi sinar-sinar juga. Molekul tambahan tadi kemudian akan memancarkan sinar-sinar yang baru, yang lebih kuat dengan karakteristik yang hampir sama dengan sinar lemah yang sebelumnya datang. Secara garis besar, regenerator ini merupakan penguat dari sinyal yang diumpankan ke dalamnya.
bih menguatkan sinyal-sinyal yang lemah.

Optical generator terdiri dari serat optic yang dilapisi dengan bahan khusus yang dapat menguatkan cahaya laser. Ketika sinyal yang lemah datang menghampiri bagian yang dilapisi khusus tersebut, energi dari laser lemah tersebut akan membuat molekul dari bahan tadi berubah menjadi sinar-sinar juga. Molekul tambahan tadi kemudian akan memancarkan sinar-sinar yang baru, yang lebih kuat dengan karakteristik yang hampir sama dengan sinar lemah yang sebelumnya datang. Secara garis besar, regenerator ini merupakan penguat dari sinyal yang diumpankan ke dalamnya.

Apa Keuntungan Fiber Optik Dibanding Media Lain?
Media fiber optik memang telah lama ada dalam dunia komunikasi. Aplikasinya pun sudah cukup banyak meskipun belum seberkembang dan seluas kabel UTP atau kabel tembaga. Mengapa demikian? Karena media ini cukup mahal untuk dimiliki. Tidak semua orang mampu menggunakan media ini karena harganya yang tidak murah. Namun di balik semua itu, sebenarnya media fiber optik memiliki segudang kelebihan dibanding media lain. Kelebihan tersebut bahkan bisa membuat tonggak sejarah baru dalam kehidupan manusia. Media ini tidaklah menjadi mahal jika Anda bisa memanfaatkan semua kelebihannya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan media fiber optik dibandingkan dengan media lain:

- Lebih ekonomis untuk komunikasi jarak jauh

Untuk keperluan media komunikasi dengan jarak yang sangat jauh, dengan kecepatan yang sangat tinggi dan dengan bandwidth yang cukup lebar, maka fiber optik dapat dikategorikan sebagai media yang murah dibandingkan dengan media kabel tembaga atau bahkan wireless. Memang biaya kepemilikannya jauh lebih mahal pada saat kali pertama, namun semua itu akan terbayar dengan kenyamanan menggunakannya, reliabilitasnya, kecepatannya, kapasitasnya, jarak tempuhnya, dan banyak lagi kelebihan lain yang bisa Anda rasakan.

Media kabel tembaga memiliki keterbatasan jarak yang cukup signifikan dibandingkan dengan media fiber optic. Maka dari itu, jika Anda bermaksud membangun jaringan komunikasi yang berskala metropolitan dan bahkan berskala internasional, media fiber optik menjadi sebuah opsi yang sangat murah, dibandingkan dengan media tembaga.


- Lebih kecil ukurannya

Dari namanya saja, fiber optik atau serat optik, mungkin Anda sudah bisa menduga kalau media fiber optik ini adalah media yang sangat kecil. Hanya berupa serat yang terbuat dari bahan optik atau kaca. Ternyata memang benar dugaan Anda. Dalam wujud aslinya media yang mampu membawa informasi dengan kapasitas “tak terhingga” secara teori ini tidak jauh lebih besar dari sehelai rambut. Jika Anda pernah memancing, mungkin Anda tahu ciri dari benang pancing, yaitu bening dan tipis. Seperti itulah wujud serat optik yang hebat itu.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari wujudnya yang kecil ini. Dengan penampangnya yang kecil, maka ukuran fisik dari media ini secara keseluruhan juga tidak terlalu besar. Jika dibundel, maka dalam ukuran bundel yang tidak begitu besar, Anda bisa mendapatkan cukup banyak helaian serat optik di dalamnya. Tentu keuntungan ini akan sangat berguna bagi Anda karena tidak perlu repot-repot menyediakan jalur bentangan kabel yang besar, Anda juga tidak perlu menarik berkali-kali utasan-utasan kabel untuk berbagai keperluan karena didalam satu kabel saja sudah tersedia banyak sekali media pembawa data. Berbagai keperluan transmisi seperti misalnya sinyal-sinyal TV dan teleponya dapat sekaligus dibawa juga.


Selain itu, dengan ukuran yang kecil Anda bisa membuat pembungkusnya menjadi lebih tebal, sehingga lebih tahan terhadap gangguan dari luar. Dengan ukurannya yang kecil pula Anda tidak akan kesulitan untuk mengaturnya ketika digunakan. Semua itu mungkin tidak bisa Anda dapatkan di media manapun kecuali menggunakan media fiber optic.


- Penurunan kualitas sinyal lebih sedikit

Jika menggunakan media kabel tembaga, maka Anda akan mengenal lebih banyak apa yang disebut dengan degradasi sinyal transmisi. Menurunnya kualitas sinyal-sinyal yang ditransmisikan akan mengganggu kelancaran proses komunikasi data. Hal ini akan sering ditemui jika Anda menggunakan media kabel tembaga untuk keperluan transmisi data baik jarak jauh maupun jarak dekat. Sinyal-sinyal yang dibawa melalui jalur ini tentu tidak pernah dapat dipastikan keutuhannya. Pengirim tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di tengah perjalanannya. Yang pasti banyak sekali faktor pengganggu yang dapat menyebabkan kualitas sinyal menurun.

Apakah jalur komunikasi melewati jalur listrik tegangan tinggi, atau melalui kabel yang kurang baik instalasinya, atau melalui terminasi-terminasi yang lembap, atau melalui perangkat-perangkat penguat yang tidak baik kelistrikannya, semua itu bisa menjadi penyebab terganggunya sinyal data Anda.


Di dalam sistem komunikasi menggunakan fiber optik, sinyal informasi yang lalu-lalang di dalamnya adalah berwujud cahaya. Mengapa cahaya? Karena media ini relatif lebih kebal terhadap gangguan dari luar. Tidak banyak faktor yang dapat menimbuklan interferensi terhadap sinyal cahaya tersebut. Cahaya tidak akan terganggu oleh listrik bertegangan tinggi, tidak akan terganggu oleh suhu udara baik panas maupun dingin, dan

juga tidak terganggu oleh frekuensi radio di sekitarnya.

Dengan kondisi seperti ini, penurunan kualitas sinyal cahaya relatif lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Keuntungan yang didapat dari kelebihan ini adalah data yang dilewatkan di dalamnya lebih terjamin keutuhannya, suara yang dibawa di dalamnya untuk komunikasi telepon lebih bersih, sinyal-sinyal TV yang dilewatkan di dalamnya akan lebih jernih sampai di penerimanya.


- Daya listrik kecil

Untuk membawa informasi dalam bentuk sinyal cahaya, daya listrik yang dibutuhkan relatif tidak terlalu besar. Sinyal cahaya yang relatif lebih kebal terhadap gangguan dari luar tidak perlu ditransmisikan dengan daya listrik yang tinggi seperti yang terjadi pada media komunikasi kabel tembaga. Hanya butuh daya yang rendah saja, maka sinyal informasi bisa tiba di tujuan dengan selamat. Bahkan daya listrik tersebut sebenarnya tidak pernah melewati media serat optik tersebut, karena yang membawa informasi tersebut tidak membutuhkan bantuan pulsa-pulsa listrik. Dengan demikian, media ini akan menghemat banyak sekali daya listrik yang harus Anda bayar.

- Sinyal digital

Karena tidak ada sinyal listrik yang digunakan untuk membawa data, media fiber optik sangat cocok digunakan dalam sistem digital seperti misalnya komputer. Mengapa demikian? Karena komputerisasi beserta perangkat-perangkatnya banyak mengandalkan logika-logika digital. Media cahaya yang membawa informasipun bukanlah sebuah sinyal
analog yang harus melewati proses perubahan sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya (ADC/DAC), melainkan adalah sinyal-sinyal digital yang terdiri dari informasi logika 0 dan 1.

Dengan demikian, informasi yang dibawanya tidak perlu melewati proses ADC/DAC lagi. Keuntungan dari fitur ini adalah data yang dikirimkan tidak akan banyak mengalami penurunan kualitas dan tidak banyak kesalahan yang terjadi akibat konversi ini.


- Tidak mudah termakan usia

Media fiber optik tidak digunakan untuk melewatkan sinyal-sinyal listrik. Bisa dipastikan didalam jalur komunikasi ini Anda tidak akan tersengat listrik sekecil apapun. Dengan demikian, media ini tidak akan mengalami kepanasan dan penipisan akibat tegangan listrik yang lewat di dalamnya. Ini menandakan media fiber optik akan jauh lebih berumur panjang dibandingkan dengan kabel tembaga biasa.

Seperti dijelaskan di atas, fiber optik terbuat dari serat kaca murni. Perlu Anda ketahui, bahan seperti kaca tidak akan mudah mengalami korosi seperti halnya tembaga. Jika bahan seperti tembaga bisa mengalami korosi jika ditempatkan pada daerah yang bersifat korosif, tidak demikian dengan fiber optik. Anda bebas meletakkannya di mana saja tanpa takut menjadi cepat rusak. Media fiber optik bisa ditanam di tanah jenis apapun atau digantung di daerah manapun dibutuhkan tanpa harus cemas. Dengan demikian, dapat disimpulkan media fiber optik jauh lebih lama usianya dibandingkan dengan media tembaga, jika tidak terjadi hal-hal di luar prediksi.


- Ringan dan fleksibel

Ukurannya yang sangat kecil, hampir seperti seutas rambut, membuat media komunikasi ini merupakan media fisik yang paling ringan, dibandingkan dengan kabel tembaga dan media lainnya. Dengan kelebihan seperti ini, aplikasi media fiber optik akan jauh lebih banyak dan lebih terbuka bebas dibandingkan dengan media kabel tembaga. Media ini dapat dibentang di tempat-tempat yang lebih tersembunyi, di tempat-tempat yang sulit dijangkau, dan banyak lagi.

Selain itu, media ini juga sangat fleksibel. Jika Anda pernah tahu bentuk dan karakteristik dari seutas benang pancing yang bening, seperti itulah fiber optik. Anda bebas melekuk-

lekukkannya, melilit-lilitkannya tanpa takut patah, asalkan tekukan tidak terlalu tajam sudutnya. Dengan bentuk yang fleksibel dan ringan seperti ini, media fiber optik akan menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia.

Contoh aplikasi fiber optik yang paling umum saat ini adalah fiber optik digunakan sebagai kamera digital sederhana untuk menangkap gambar dari dalam tubuh manusia. Aplikasi di bidang medis ini menjadi tonggak sejarah baru bagi dunia pengobatan dan kesehatan karena sebelumnya semua pekerjaan “melihat-lihat” tersebut sangat sulit dilakukan tanpa operasi. Aplikasi fiber optik yang lain misalnya melakukan pemantauan dalam system mekanis roket, pesawat terbang, kereta api supercepat, dan banyak lagi. Kerusakan yang terjadi di dalam perangkat-perangkat tersebut tidak akan mudah ditemukan jika tidak ada alat bantu seperti fiber optik. Dengan keuntungan ini, fiber optik menjadi sangat populer hingga sekarang.


- Komunikasi lebih aman

Media fiber optik merupakan media yang sangat ideal jika Anda menginginkan media yang sangat aman. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan informasi yang lewat di dalam media fiber optik tidak mudah untuk disadap atau dikacaukan dari luar. Sinyal informasi yang berupa cahaya tidak akan mudah untuk ditransfer ke jalur lain untuk disadap. Sinyal cahaya pun tidak akan mudah dikacaukan dengan menggunakan frekuensi pengacau atau medan elektromagnetik. Maka dari itu, media ini cukup aman untuk Anda gunakan. Meskipun cukup aman, media ini tidak sulit untuk dimonitor. Jadi sangat ideal, bukan?

Jalan Tol untuk Data Anda

Informasi dibawa dengan seberkas cahaya. Mendengarnya saja rasanya sudah cukup canggih untuk kita. Tapi sebenarnya, teknologi ini memang sangat hebat dan juga bermanfaat sekali. Data Anda tidak lagi dibawa dengan menggunakan pulsa-pulsa listrik atau frekuensi radio, tetapi dengan media yang terbilang cukup reliabel yaitu cahaya. Cahaya relatif cukup kuat terhadap segala gangguan, baik gangguan medan elektromagnetik, gangguan cuaca, gangguan frekuensi radio, gangguan suhu, gangguan pulsa-pulsa listrik, dan banyak lagi. Selama medianya tidak terganggu secara fisik, maka
cahaya akan terus berjalan sampai ke tujuannya. Kecepatannya pun tidak perlu diragukan lagi karena secara teori, kecepatan media ini adalah TANPA BATAS.

Namun, yang masih menjadi kendala dalam penggunaan media fiber optik adalah tidak lain masalah biaya. Berapa budget yang harus Anda sediakan untuk membeli, instalasi, menggunakan, dan merawat media ini bukanlah persoalan sepele. Karena media ini cukup mahal baik kepemilikannya maupun perawatannya. Maka itu, media jenis ini hanya dipakai untuk tujuan dan kalangan tertentu saja yang memang benar-benar membutuhkan media komunikasi berskala besar.
 

Sumber 

Mengirim Emotion Tersembunyi pada Chat Facebook

Mengirim Emotion Tersembunyi pada Chat Facebook - Sobat blitari mungkin sudah pernah chat dengan teman dan dikirimi emotion yang tidak terdaftar pada pilihan emotion standart di facebook. Nah bagi sobat blitari yang ingin bisa juga mengirim emotion yang tidak terdaftar di facebook tersebut, kini blitari akan memberikan tutorialnya. Caranya juga sangat mudah, sobat blitari hanya tinggal menempatkan kode emoticon yang ingin Anda kirim pada chat facebook. Atau tinggal copy codenya dan pastekan ke kotak chat facebook sobat.
#Catatan : Emotion ini tidak dapat digunakan pada komentar facebook.
 
Berikut ini code emotion chat FaceBook tersembunyi:
[[171108522930776]] - wajah Troll:
[[211782832186415]] - Me Gusta:
[[168456309878025]] - Wajah LOL:
[[218595638164996]] - Yao Ming:
[[177903015598419]] - Selamanya Alone:
[[105387672833401]] - Gadis yeah:
[[FUUUOFFICIAL]] - wajah Kemarahan:

[[124206401029136]] - Windows ikon
[[124208857695557]] - Apple Logo
[[124211087695334]] - F *** OFF jari

[[249199828481201]] - Konata Izumi
[[250128751720149]] - Domo Kun
[[223328504409723]] - Sakata Gintoki
[[236147243124900]] - Pokeball
[[326134990738733]] - Pikachu
[[155393057897143]] - Doraemon
[[224502284290679]] - Nobita
[[144685078974802]] - Mojacko
[[334954663181745]] - Spongebob
[[196431117116365]] - Shin chan
[[138529122927104]] - pedo Beruang
[[269153023141273]] - Poring
[[332936966718584]] - Hello Kitty
[[252497564817075]] - Kerokeroppi
[[297354436976262]] - Santa Claus
[[157680577671754]] - Marah Burung


Oke itu tadi kode-kode emotion chat facebook yang tidak ada pada daftar emotion standart. 

Cara Mengembalikan Semangat yang Luntur

Tips-tips mengembalikan semangat
Semua orang pasti pernah putus asa, setidaknya spirit drop down. Semangat menghilang atau setidaknya berkurang karena apa yang dikerjar tidak kunjung tercapai, bahkan untuk mendekati harapan.

Awalnya memang semangat yang di miliki sangat besar dan membara, berkobar-kobar bagai lidah matahari, melompat-lompat seolah sanggup menggapai bintang, menari-nari mengekspresikan kebahagian dan kepercayaan diri bahwa kita mampu meraih cita.

Sayangnya tidak semua orang sanggup mempertahankan kobar semangat sebesar itu. Kobar perlahan padam seiring rintik cemooh yang datang dari setiap pecundang. Terkadang justru ikut terbakar bersama nya, semangat meredup karena kekurangan bahan bakar. 


Banyak orang pernah mengalami hal seperti itu, saat ini saya sedang mengalaminya kawan. Akibatnya ternyata memang terasa semangat saya serasa meluntur. Untuk itu kali ini saya ingin berbagi tips yang saya dapatkan dari browsing di google tentang Cara Mengembalikan Semangat yang Luntur :

1. Ingat tujuan awal. niat yang kuat, alasan yang positif membuat saya berpikir berulang kali untuk putus asa.
2. Kegagalan merupakan jalan untuk belajar dan akhirnya sukses. Terkadang orang menilai istilah ini dengan pesimis. Saat kita gagal berfikirlah untuk mencari pelajaran dari kegagalan kita agar tidak terulang lagi, berfikirlah kalau sedikit lagi kita akan sukses.

3. Berfikirlah kalau kita saat ini sudah benar-benar terlambat atau tertinggal.
Tentunya orang yang merasa tertinggal atau terlambat dia akan langsung bergegas untuk kembali mengikuti dan akhirnya dapat menyusul.  
4. Membaca mantra, mantra hanya istilah bagi saya. Mantra yang saya maksud adalah DO'A. Meminta kepada Allah dan bersyukur atas karunianya. Do'a merupakan sejenis sugesti, yang menghipnotis kita agar tetap berusaha. Semakin sering kita berdoa maka semakin kuat sugesti yang ke dalam pikiran kita.
4. Meriview kembali usaha yang telah kita lakukan kemudian di evaluasi. Dimana letak kesalahan dan kekurangan dari usaha kita sebelumnya, perbaiki kesalahan dan kekurangan kita, belajar dari pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang yang sudah sukses.
5. Tetap percaya bahwa kita bisa, fokus dan konsen tujuan.

Memang keberuntungan setiap orang tidak sama. Terkadang baru pertama mencoba langsung berhasil, kadang sudah berpuluh kalipun masih gagal. Jangan jadikan kelemahan sebagai alasan untuk jatuh, tapi berusahalah untuk tetap bertahan dan coba melangkah ke depan walau harus tertatih-tatih bahkan merangkak.

postingan ini hanya sekedar berbagi semangat kepada teman-teman. jika di rasa postingan ini bermanfaat saya sangat berterimakasih. dan jika merasa postingan ini hanya sampah, sayang juga sangat berterimaksih karena telah membaca sampah ini hingga selesai.

Cara Membuat Wanita Jatuh Cinta

tips-tips membuat wanita jatuh cinta
Cara Membuat Wanita Jatuh Cinta - Siapa yang bisa menolak jika rasa cinta itu datang. dan ketika kamu adalah korbannya apakah kamu akan menolak dan membuat dirimu sebagai pecundang. "cinta itu tak harus memiliki", itu ungkapan yang sangat benar namun ada ungkapan yang lebih baik untuk seorang pria. "Seorang pria tidak akan bisa disebut pria jika wanita yang ia cintai tidak tahu bahwa dia dicintai".
Sekarang yang perlu kamu siapkan adalah mental. yakinkan diri kamu bahwa ia benar-benar wanita yang tepat bukan sekedar wanita yang memang mudah "dicintai" orang lain, dan berikut cara membuat wanita jatuh cinta secara "gentleman".



1. Jangan Terlalu Akrab 
Banyak pria yang hanya bisa menjadi sahabat cewek yang disukainya. Salah satu alasannya karena sang cewek merasa hubungan mereka sudah terlalu dekat, hingga lebih enak untuk berteman saja. Nah, bila Anda benar-benar menyukai seorang cewek, sebaiknya jangan terlalu akrab dulu.Baca juga referensi modus PDKT ala jomblo.

2. Tak banyak menilai
Salah satu kebiasaan buruk pria adalah menilai fisik wanita. Padahal semua orang tahu, nobody's perfect. Buat dia merasa comfort saat berada dekat Anda. Salah satunya, dengan menerima dirinya apa adanya, tak dibanding-bandingkan dengan cewek lain, apalagi dengan mantan pacar Anda.

3. Tak Mengikat
Maksudnya kita tidak boleh mengikat wanita tersebut, siapa coba yang mau diikat apalagi diikat terus dikrubungin semut, hehehe bercanda...
 Maksudnya gini, Anda boleh saja menyukainya, tak takut kehilangan dia. Tapi tak berarti Anda harus mengekang atau mengikatnya. Beri dia ruang gerak. Jangan terlampau sering "menampakkan" diri. Biarkan dia menebak-nebak, dimana, sedang apa dan bersama siapa Anda. Ketakhadiran Anda bisa menumbuhkan kerinduan dalam dirinya. 


4. Willing
Anda boleh saja menyukainya, tak takut kehilangan dia. Tapi tak berarti Anda harus mengekang atau mengikatnya. Beri dia ruang gerak. Jangan terlampau sering "menampakkan" diri. Biarkan dia menebak-nebak, dimana, sedang apa dan bersama siapa Anda. Ketakhadiran Anda bisa menumbuhkan kerinduan dalam dirinya.

5. Banyak Senyum
Senyum adalah salah satu senjata ampuh dalam menebar pesona. Kata ahli, senyum merupakan refleksi diri orang yang selalu berpikir positif. Nah, tak ada salahnya Anda sedikit bermuka manis padanya. Akan lebih baik bila Anda juga bisa membuatnya tersenyum. Dengan joke-joke segar, misalnya. Baca juga artikel apa saja hal yang diperhatikan wanita saat kencan pertama.

6. Jadi Yang Terbaik
Untuk menjadi yang terbaik, tak berarti Anda harus melakukan hal-hal di luar jangkauan. Be the best you can be saja. Salah satu caranya, dengan siap menemaninya dikala sedih dan senang.

7. Tidak Memaksa
Cobalah untuk menahan keinginan untuk nyatain cinta. Anda harus agak sabar. Boleh saja Anda meneleponya, tapi jangan terlalu sering. Usahakan juga untuk tak terlalu sering menggombal. Usahakan untuk hanya membicarakan hal penting setiap kali menelpon.

8. Sedikit Jual Mahal
Yang ini adalah bentuk lain dari poin 7. Meski si cewek tahu betul Anda menyukainya, tapi cobalah untuk tidak melayani apa maunya. Pura-pura cuek kalau kamu sedang berada di dekatnya.

9. Biarkan Dia Menebak-nebak
Cewek umumnya gemar akan sesuatu yang bersifat misterius, lho. Itulah kenapa banyak cewek yang menjadi pengarang cerita-cerita berbumbu petualangan dan misteri, seperti Agatha Christie atau Enid Blyton. Bikin dia seperti itu. Caranya?
Jangan langsung membuka diri. Ceritakan sedikit-sedikit saja tentang diri Anda. Ini akan membuat dia lebih penasaran dan tak cepat bosan. Biarkan rasa ingin tahunya terus tumbuh. Dengan begitu, dia akan berusaha mengenal Anda lebih dan lebih.


10. Jujur dan Gentlemen
Tunjukkan bahwa Anda pria jujur, sopan, sekaligus charming. Tak perlu banyak memberi alasan untuk satu kesalahan, berpakaian rapi dan bertutur kata enak didengar. Bila Anda bisa terlihat seperti itu, bisa dipastikan dia bakal ingin dekat Anda terus.

Dicoba dulu praktekkan kawan blitari, semoga sukses.. :D      

Cara Menghitung Subnet Jaringan

cara cara untuk menghitung subnet mask
Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

Cara pembentukan Subnet
      Misal jika jaringan kita adalah 192.168.0.0 dalam kelas B (kelas B memberikan range 192.168.0.0 – 192.168.255.255). Ingat kelas B berarti 16 bit pertama menjadi NetID yang dalam satu jaringan tidak berubah (dalam hal ini adalah 192.168) dan bit selanjutnya sebagai HostID (yang merupakan nomor komputer yang terhubung ke jaringan, dan setiap komputer mempunyai no unik mulai dari 0.0 – 255.255). Jadi netmasknya/subnetmasknya adalah 255.255..0.0
      Kita dapat membagi alokasi jaringan diatas mennjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengubah subnet yang ada.
Ada dua pendekatan dalam melakukan pembentukan subnet, yaitu :
1.      Berdasarkan jumlah jaringan yang akan dibentuk
2.      Berdasarkan jumlah host yang dibentuk dalam jaringan

Cara perhitungan subnet berdasarkan jumlah jaringan yang dibutuhkan
1.      Menentukan jumlah jaringan yang dibutuhkan dan merubahnya menjadi biner
Misalkan kita ingn membuat 255 jaringan kecil dari nomor jaringan yang sudah ditentukan. 255 à 11111111
2.      Menghitung jumlah bit dari nomor 1. Dan jumlah bit inilah yang disebut sebagai sunetID.
Dari 255 à 11111111 à jumlah bitnya adalah 8
3.      Jumlah bit hstID baru adalah HostID lama dikurangi jumlah bit nomor 2
Misal dari contoh diatas HostIDBaru : 16 bit – 8 bit = 8 bit
4.      Isi subnetID dengan 1 dan jumlahkan dengan NetIDLama
Jadi NetID baru kita adalah NetIDLama + SubNetID :
à 11111111. 11111111. 11111111.00000000 (24 bit bernilai 1 biasa ditulis /24)
Berkat perhitungan di atas maka kita mempunyai 256 jaringan baru yaitu :
192.168.0.xxx,   192.168.1.xxx,   192.168.2.xxx,   192.168.3.xxx   hingga 192.168.255.xxx  dengan netmask 255.255.255.0
Biasa ditulis dengan 192.168.0/24 à 192.168.0 menunjukkan NetID dan 24 menunjukkan subnemask (jumlah bit yang bernilai 1 di subnetmask)
Dengan teknik ini kita bisa mengalokasikan IP address kelas B menjadi sekian banyak jaringan yang berukuran sama. Silahkan baca juga artikel cara setting mikrotik dasar.

Cara perhitungan sunet berdasarkan jumlah host adalah sebagai berikut :
1.      Ubah IP dan netmask menjadi biner
IP                     : 192.168.1.0   à 11000000.10101000.00000000.00000000
Netmask         : 255.255.255.0           à 11111111. 11111111. 11111111.00000000
Panjang hostID kita adalah yang netmasknya semua 0 à 16 bit
2.      Memilih jumlah host terbanyak dalam suatu jaringan dan rubah menjadi biner
Misal dalam jaringan kita membutuhkan host 25 maka menjadi 11001
3.      Hitung jumlah bit yang dibutuhkan angkan biner pada nomor 1. Dan angka inilah nanti sebagai jumlah host dalam jaringan kita.
Jumlah host 25 menjadi biner 11001 dan jumlah bitnya adalah 5
4.      Rubah netmask jaringan kita dengan cara menyisakan angka 0 sebanyak jumlah perhitungan nomor 3
Jadi netmasknya yang baru adalah : 11111111. 11111111. 11111111.11100000
Identik dengan 255.255.255.224 jika didesimalkan.
Jadi netmask jaringan berubah dan yang awalnya hanya satu jaringan dengan range IP dari 1-254 menjadi 8 jaringan, dengan setiap jaringan ada 30 host/komputer.
Alokasi
Range IP
1
192.168.1.0        -   192.168.1.31
2
192.168.1.32      -   192.168.1.63
3
192.168.1.64      -   192.168.1.95
4
192.168.1.96      -   192.168.1.127
5
192.168.1.128    -   192.168.1.159
6
192.168.1.160    -   192.168.1.191
7
192.168.1.192    -   192.168.1.223
8
192.168.1.224    -   192.168.1.255

Nomor IP awal dan akhir setiap subnet tidak bisa dipakai. Awal dipaki ID Jaringan (NetID) dan akhir sebagai Broadcast.
Misal jaringan A : 192.168.1.0 sebagai NetID dan 192.168.1.31 sebagai broadcast, dan range IP yang bisa dipakai 192.168.1.1 – 192.168.1.30

Semoga bermanfaat..